Selasa, 17 Januari 2012

Efek Bahaya Asap Rokok Tuk Kesehatan Tubuh Manusia


Rokok adalah benda beracun yang ngasih efek santai. Di balik kegunaan ato manfaatnya, rokok yang secuil thu ngandung bahaya yang sangat besar tuk orang yang ngrokok maupun orang yang ada di sekitar perokok yang bukan perokok.
Asap rokok ngandung ± 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun n’ 43 jenis laiennya bisa nyebabin kanker buat tubuh. Beberapa zat yang sangat bahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.Asap rokok yang baru mati di asbak ngandung 3x lipat bahan pemicu kanker di udara n’ 50x ngandung bahan pengiritasi mata n’ pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang mlayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih bahaya daripada polusi di jalan raya yang lagi  macet.
Seorang yang nyoba’ rokok biasanya kan ketagihan coz rokok bersifat candu yang sulit dilepasin dalam kondisi papun. Seorang perokok berat kan milih ngrokok daripada makan klo punya uang terbatas. Harga rokok yang mahal kan mberatin orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan n’ kesehatan keluarganya sering dialihin buat beli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang brasal dari luar negeri, sehingga uang yang diblanjain perokok sbagian kan lari ke luar negeri yang bisa ngurangin devisa negara. Pabrik rokok yang mempekerjain banyak buruh g’ kan bisa ningkatin taraf hidup pegawainya, sehingga pabila pabrik rokok ditutup para buruh bisa dipekerjain di tempat usaha laen yang lebih kreatif n’ bisa ndatengin devisa.
Sbagian perokok biasanya kan ngajak orang laen yang lum ngrokok tuk ngrokok biar ngrasain penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sbagian perokok da juga yang secara sengaja ngrokok di tempat umum biar asap rokok yang dihembusin bisa ke hirup orang lain, sehingga orang lain kan terkena penyakit kanker. Kgiatan yang ngrusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sbagai benda ato barang haram yang harus dihindari n’ dijauhi sejauh mungkin. Ulama ato ahli agama yang ngrokok mungkin kan memiliki persepsi yang beda dalam hal ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar